Mappalili di Desa Nepo, Kades Muhammad Toaha Sampaikan Permintaan Petani ke Bupati

    Mappalili di Desa Nepo, Kades Muhammad Toaha Sampaikan Permintaan Petani ke Bupati

    BARRU - Pelaksanaan Kegiatan Mappalili atau biasa disebut Turun Sawah merupakan sebuah acara adat tahunan yang dilaksanakan oleh pemerintah Desa bersama kelompok tani sebagai tanda memulai untuk menggarap lahan pertanian dan memulai menanam padi, Selasa (14/11/2023).

    Dalam sambutannya, kepala desa (Kades) Nepo, kecamatan Mallusetasi Muhammad Toaha, menyampaikan himbauan dan harapan kepada petani, bahwa petani untuk musim tanam tahun ini, agar kiranya bersama sama serentak untuk menanam padi. 

    "Saya sampaikan kepada seluruh petani melalui kelompok taninya, agar kiranya nanti tidak ada lagi yang terlambat untuk menanam, supaya pembagian air bisa terdistribusi dengan rata. Ujar Muhammad Toaha. 

    Selain itu kades Nepo yang akrab disapa Pitung juga menitipkan pesan dari petani kepada Bupati Suardi Saleh, tentang perbaikan saluran irigasi persawahan, dan bantuan pertanian lainnya yang merupakan kewenangan Bupati. 

    "Tabe izin Pak Bupati saya titip beberapa permintaan dari petani, karena sudah banyak saluran irigasi mengalami kerusakan parah dan menjadi kewenangan daerah untuk memperbaiki, dan mohon juga agar dibantu bibit padi yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah pusat", ungkap Pitung.

    Dalam pelaksanaan Mappalili, Turut Hadir Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh M. Si menyampaikan sambutan. Turut hadir juga, kepala dinas pertanian, Kepala Cabang BRI Barru, Asisten 1, Sekertaris Camat mallusetasi, Kapolsek Mallusetasi, Koramil Mallusetasi, Babinsa, Babinkamtibmas, kepala BPP Mallusetasi, Ketua BPD Desa Nepo, Tokoh Pendidikan, tokoh masyarakat Tokoh pemuda, Para Ketua Kelompok tani beserta Anggota.

    (Akram)

    barru sulsel
    Muh. Ahkam Jayadi

    Muh. Ahkam Jayadi

    Artikel Sebelumnya

    KONI Barru beri Uang Pembinaan Atlit Berkarakter,...

    Artikel Berikutnya

    Kabupaten Barru raih 4 penghargaan pada...

    Komentar

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Suardi Saleh Pimpin Upacara Pelepasan Jenazah Almarhum Nasaruddin
    Tony Rosyid: Ikut Pilgub Jakarta, Anies Disambut Antusias Para Pendukungnya
    Bakamla RI Persiapkan Patroli Terkoordinasi "Operasi Gannet-8"
    Agar Berjalan Dengan Lancar Dan Tertib, Babinsa Koramil 1710-02/Timika Pantau Dan Monitoring Kegiatan Pasar Murah
    Penamatan UPTD SMPN 22 Barru Miliki Keistimewaan Tersendiri, Puji Suardi Saleh