Suardi Saleh: Peluncuran Tahapan Pilkada Barru Terheboh di Sulsel

    Suardi Saleh: Peluncuran Tahapan Pilkada Barru Terheboh di Sulsel
    Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si.

    BARRU - Komisi pemilihan umum (KPU) Barru menggelar acara peluncuran tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Barru Tahun 2024, di Alun-alun Colliq Pujie Barru, pada Sabtu malam (13/7/2024).

    Acara tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si, Anggota KPU provinsi Sulsel, Forkopimda Barru, Ketua dan anggota KPU Barru, pimpinan OPD dan ribuan masyarakat Barru.

    Kegiatan ini dirangkaikan dengan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba sayembara Maskot Pilkada kabupaten Barru Tahun 2024.

    Bupati Barru Suardi Saleh memberikan apresiasi tinggi kepada KPU Barru atas pelaksanaan kegiatan malam ini yang luar biasa. Menurutnya, kegiatan peluncuran tahapan Pilkada Barru terheboh dan termeriah di Sulsel.

    "Alhamdulillah KPU Barru membuktikan, meskipun menjadi kabupaten yang terakhir melaksanakan peluncuran tahapan Pilkada 2024 se Sulsel, tapi merupakan peluncuran tahapan Pilkada terheboh dan termeriah", pujinya.

    Dalam kesempatan itu, Suardi Saleh mengucapkan selamat kepada pemenang sayembara lomba maskot Pilkada kabupaten Barru Tahun 2024.

    "Hasil desainnya luar biasa dan kami yakin  tim juri Pasti kesulitan dalam menentukan juara 1, 2, dan 3", ungkap Bupati dua periode ini.

    Dirinya mengurai, kegiatan ini selain untuk mensosialisasikan dan menyampaikan tahapan-tahapan Pilkada, juga bermakna sebagai wadah konsolidasi bagi seluruh unsur kepentingan untuk membangun komitmen mewujudkan Pilkada yang aman, damai dan sukses di Barru.

    "Ketika kita menilik kebelakang pelaksanaan Pemilu, baik pemilihan legislatif, presiden, yang baru maupun Pilkada sebelumnya Alhamdulillah sejauh ini pelaksanaan Pemilu di Barru berjalan aman damai sejuk dan demokratis", katanya.

    Hal ini, kata Suardi Saleh terwujud karena semua yang terlibat didalamnya memahami peran, tugas dan fungsinya seusai dengan peraturan perundang-undangan.

    Suardi menaruh harapan kepada KPU,  Bawaslu, Petugas dan seluruh unsur penyelenggara mulai dari Kecamatan sampai di TPS agar menjalankan tahan Pilkada sesuai dengan peraturan perundangan-undangan.

    "Demikian juga kepada teman-teman peserta pemilu, ketua partai, para pendukung, tim sukses kami berharap untuk melaksanakan kampanye pada saatnya nanti secara baik dan berkualitas sehingga pelaksanaan Pemilukada di Barru berjalan aman dan damai, juga kepada seluruh ASN untuk tetap menjaga netralitas", harapnya.

    "Untuk seluruh masyarakat Barru kami harapkan bersama-sama membantu mendukung, menjaga Kamtibmas sehingga kondisi Barru aman dan damai", tandas Suardi Saleh.

    Dikatakan, proses demokrasi perbedaan adalah suatu keniscayaan, sesuatu yang mutlak, tetapi jangan karena perbedaan membuat kita pecah dan perlu dipahami lawan dalam berpolitik bukan musuh tapi teman dalam berdemokrasi.

    "Seperti main tenis, sesungguhnya lawan dalam main tenis adalah teman bermain, kita tidak bisa bermain tenis jika tidak ada lawan kita dan selesai main tenis siapapun pemenangannya kita jabat tangan cipika cipiki", ujar Suardi Saleh.

    Menurutnya, Pemerintah Daerah bersama unsur Forkopimda siap mendukung pelaksanaan Pilkada di kabupaten Barru lahir dan batin sebagaimana arahan KPU penyelenggara punya tanggung jawab.

    Kemudian menanggapi arahan Ketua KPU Provinsi Sulsel terkait agar Visi dan Misi peserta kontestasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barru, Suardi Saleh menekankan bahwa harus merujuk visi dan misi RPJMD kabupaten Barru. Visi misi RPJMD Tahun 2024-2045 sudah disetujui DPRD menjadi Perda yaitu "Maju Berkelanjutan Berbasis Ekonomi Biru".

    Dan tahapannya yakni peletakan pondasi, kedua perluasan, ketiga akselerasi dan keempat pencapaian tujuan yaitu Indonesia Emas 2045.

    "Kami mengajak seluruh masyarakat Barru untuk mensukseskan Pemilukada dengan datang ke TPS mempergunakan hak pilihnya, karena 1 suara sangat berati bagi kabupaten Barru", harap Suardi Saleh.

    Sebelumnya, Ketua KPU provinsi Sulsel Hasbullah, S.Sos, M.Kesos dalam arahannya menyebutkan peluncuran tahapan Pilkada Kabupaten Barru Tahun 2024 adalah launching paling terkahir di Sulsel.

    "Hal ini menjadi penanda bahwa Sulsel siap untuk menggelar pemilu gubernur dan kepada daerah secara serentak. Pilkada serentak ini sudah didesain secara serentak sesuai peraturan perundang-undangan dengan harapan agar perencanaan pembangunan Daerah terintegrasi secara nasional", jelasnya.

    Sehingga lanjut Hasbullah, bagi teman-teman peserta Pemilukada, Parpol, Calon Kepala Daerah dalam menyusun visi misinya harus memahami dan  mempedomani  RPJMD Kabupaten 2025-2045, karena hal ini menjadi syarat mengikuti Pilkada.

    "Tagline pilkada Sulsel adalah "Pilkada untuk Kita" yang bermakna kesuksesan Pilkada adalah tanggung jawab kita semua yang terlibat dalam pilkada", pungkas Hasbullah.

    Sementara itu, ketua KPU Barru Abdul Syafah B, S.Kom menyampaikan bahwa peluncuran tahapan Pilkada Barru tahun 2024 adalah kabupaten terakhir yang melaksanakan kegiatan di Sulsel, dirinya yakin kegiatan ini merupakan peluncuran yang terheboh dan termeriah di Sulsel.

    Syafa juga mengucapkan banyak terima kasih kepada stakeholder yang telah membantu proses pelaksanaan pemilu 2024 sehingga berjalan damai sesuai regulasi dan UU, dukungan semua pihak termasuk elemen masyarakat yang menjaga ketentraman dan ketertiban.

    "Kita semua berharap proses Pilkada yang akan datang minimal sama dengan yang telah diraih pada Pemilu 2024 kembali aman dan tertib", harapnya.

    Diketahui, rangkaian kegiatan lainnya pada peluncuran tahapan Pilkada kabupaten Barru tahun 2024 yakni berupa hiburan diantaranya sajian Tarian 4 etnis dari Sanggar Seni Bolong Ringgi Kabupaten Barru, kemudian Penampilan Star Plan Band lokal Barru yang terbentuk pada tahun 2015  dan Bintang Tamu Selfy Yamma jebolan LDI artis Ibu Kota membawakan 8 hits andalannya.

    barru sulsel
    Muh. Ahkam Jayadi

    Muh. Ahkam Jayadi

    Artikel Sebelumnya

    Ribuan Warga Barru Terhibur Penampilan Selfi...

    Artikel Berikutnya

    Suardi Saleh Apresiasi Giat KPU Peluncuran...

    Komentar

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Nagari TV, TVnya Nagari!
    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    TV Parlemen Live Streaming
    Raih ISO 9001:2015, SSDM Polri Terus Tingkatkan Kualitas Rekrutmen Anggota
    DPR Setujui Herindra Jadi Kepala BIN, Perkuat Sinergi Intelijen dan Pertahanan